Thursday 13 March 2014



Apresiasi Karya seni Rupa

Karya seni rupa merupakan perwujudan dari hasil olah rasa dan olah pikir serta olah tangan dari seseorang yang mengandung nilai – nilai keindahan di dalamnya.
Berdasarkan bentuk fisiknya karya tersebut dapat diamati dari berbagai unsur di antaranya adanya : 1) garis, 2) bidang, 3) bentuk, 4)warna dan 5) tekstur.
Disamping bentuk fisiknya yang terlihat secara kasat mata, di dalam karya seni rupa juga terkandung unsure psikis, yaitu unsure yang secara kasat mata tak terlihat namun dapat kita rasakan kehadirannya dalam karya tersebut, antara lain : 1) ide, 2) tema  3) kreatifitas, 3) isi atau  pesan.
Berdasarkan hal di atas, maka ketika kita menikmati atau mengamati suatu karya seni rupa kedua hal tersebut muncul dalam diri kita sehingga kita bisa memberikan tanggapan secara lebih lengkap pada karya tersebut, penampilan fisik yang bagus, indah belum tentu dapat memberikan kenikmatan kepada kita tanpa kita dapat merasakan unsure psikis dari karya seni itu. Sehingga penilaian terhadapda  karya seni bagi setiap orang bias saja berbeda walaupun pada satu karya yang sama.

0 comments:

Post a Comment