Monday 27 January 2014

Selamat malam semua ,Merek komputer apapun dan semahal apapun pasti akan tiba waktunya tutup usia dan dsb,apalagi dengan perawatan yang buruk dan kotor,serta pemakaian yang tanpa henti/nonstop.nah kali ini saya akan memberi tahu sobat caranya memperpanjang umur PC anda ....langsung ajaa nih :

1.Ventilasi udara yang cukup 


Tempatkan CPU atau montior sedemikian rupa sehingga  ventilasi udara dari tembok ke monitor / CPU cukup lebar dan udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sobb... sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut.... Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 50 cm. Jika perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.


2.Pakailah Stabilizer


Pakailah Stabilizer untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen komputer anda terutama pada harddisk...... Jika sobat tidak ada Stabilizer pakailah Stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan listrik....sobb !!!agar tidak ada kaget pada PC nya sendiri.

3.Defrag Hardisk 

Fungsi defrag hardisk untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file sedemikian rupa agar mempermudah proses read/write pada komputer sobat sehingga beban kerja komputer anda juga akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver yang aktif pada komputer sobat karena akan mengacaukan fungsi defrag ini... men defrag hardisk salah satu cara yang efektif untuk mengurangi beban PC sobat.


4.Bersihkan motherboard dan periferal lain dari debu secara berurutan



Setidaknya 5 bulan sekalilah hal ini harus sobat  lakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dll) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU
, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer sobat.

nahh itu dia sob sebagian cara agar memperpanjang umur PC ....dan umur saku anda :D hehehe !!!!

0 comments:

Post a Comment